Review Surat Cinta

GARDA
[Buat gw, terlalu metafor, diksinya kurang kena walo metafornya kuat banget, malah jadi kayak lirik lagu…]

DESTI
[you are my everything… Because you are my everything,, I will give you everything, surat penolakan iki… hahaha… :p, si Kris seneng iki.... :) ]

ATIN
[Jadi kayak cerpen yaa… ada dialognya… hihihi… nice try]

KAHVI
[Mantep.. metafor kelas wahid… keren juga… ]

FAISAL
[Mulai pake liriknya kerispatih disini…. Tak lekang oleh waktu… :p, tapi masih agak kaku.. kurang metafor]

AKBAR
[The next Chairil Anwar, “Mengenal mu adalah sebungkus kebahagiaan dengan cita rasa mocca” nice quote… Kadang aku sampai gak kepikiran untuk nulis frase itu… Good job]

FATAH
[Sampai di frase ini udah keliatan lebainya “Kumohon bacalah dengan perlahan dan resapi kemelut yang memenuhi ruang hatiku”, tapi bagus, gaya bahasanya bagus… penulis terlihat lebih galau di kata kemelut kemudian memperluas dimensinya dalam ruang hati, terlihat ada rasa sesak di sini. Mirip gaya puisinya Joko Pinurbo. Walo kadang ada frase anteseden yang kurang mantap, seperti, “kau akan mengisi layar-layar mimpiku di malam dan lamunanku di sepanjang jam kuliah”.]

IRSYAD
[Keren, syad… Bagian akhirnya ngarep abis… hahahaha…. Temenmu juga boleh… bawahahaha…]

KECRET
[Ini kayak surat cinta jaman dulu…. Ya gini ini…. Hahaha… “kekuatan cintaku kepadamu semakin membuat cinta itu tumbuh dan mengalami foliasi menjadi bentuk cinta yang lebih indah dan lebih tulus.” Nice quote… ]

TIKA
[Tipikal surat cinta anak IPA banget dah~ semakin hari,, gaya endogen yang menekanku untuk mengatakan ini semakin kuat,,,,,bahwa kamu telah berhasil mengambil sebuah ruang dihatiku.,,]

DEVI
[Perasaan jadi surat curahan hati, curhat.. “Kau tidak tau, bagaimana dirimu selalu memarahiku saat opmg berlangsung,,,” gak sekalian surat nagih utang?? Hahaha.. Trus malah jadi diskusi masalah CTM,,, haha… Ckckck… ternyata Devi emang ada perasaan.. pake ada kata “tenanan lho iki”.. hahaha.. ]

ANDRE
[“surat cinta ini dibuat hanya untuk memenuhi tugas praktikum petrologi yang kurang masuk diakal..” tapi kok kliatannya nampak cemburu abis gitu.. pasrah.. hahaha… nice try dude..]

APIT
[“anak kelas sebelah yang sampai saat ini cuma bisa dilihat dan tak pernah bisa direngkuh”, gw: “Oiya?”, “Kau anak geofisika, kau semestinya tahu apa yang kutulis.”, perasaan, kalo dianalisis dengan metode sastra kontemporer, bahasa yang digunakan terkesan angkuh, mahal, en menegaskan kalo “aku lebih tinggi di atas kamu”.. Harusnya pilihan katanya lebih baik pit… hehehe…]

FIFI
[Roman banget, bahasanya seperti mengisyaratkan kalau penulisnya sedang limbung pada saat ini.. frase favorit saya “Seperti ada sesuatu dalam hati yang kadang berat memberi tekanan namun kadang membara memberi harapan”.. dan “Lewat surat ini kusampaikan, bayang imajiner tentangmu merenggut waktuku” .. Good post]

PAULA
[Udah dibahas sih, TERTEKAN itu maksudnya apa.. hahahha… Sampe ketahuan masmu.. ahaha… telpon ke bokap… aduhai sekali… hahaha…]

THEO
[Kayaknya istilah metamorf itu lebih cocok kalo jadi surat sakit hati dari pada surat cinta yaa… Hehehe…. Kalimat terakhir paling joss,,, jangan-jangan beneran… wah wah wah…. :p]

ARI
[Kenapa ada Cecep??? Hahaha…. Ini surat bener-bener kayak bilang, “Akulah yang terbaik, maka pilihlah aku…” Hahaha…. ]

ITA
[Tipikal surat cinta yang lucu en imut-imut… surat cinta anak SMP.. hehe… tapi bagus main kata-katanya, menggabungkan antara kenyataan dengan metafor… Simpel, tapi dalem…]

DIO
[Gak nyangka seorang Dio bisa bikin frase “Andai aku bisa mebelah bulan dan membawanya, akan kubawakan dan kulemparkan kepadamu.” Kayak lagu dangdut perasaan… hahaha… ]

LETTO
[Entah kenapa aku ragu, itu karyamu asli kah? Begitu metafornya jelas dan tegas di frase “Kehangatan adalah menggenangi pipi dengan airmata”, “Mengubahnya menjadi gerimis yang melukis suatu tanda di pinggirnya”, “Aku adalah api perwujudan panasmu”, walaupun gak ada kata yang diminta, tapi ada penggantinya beberapa… “Bukankah kubalut langit dengan pelangi dan kupetik setangkai mawar untukmu”… Keren dah… Semoga bukan plagiat…] Akhirnya gw tau, sumbernya dari sini...

DANIEL
[“Mungkin Tuhan menciptakan kau dengan penuh rencana pematangan yang tinggi”.. Ode sekali bung! Tapi mantap jaya lahh… mungkin cocok buat lirik lagu…]

IRCHAN
[Kalo udah punya cewek itu feel dalam setiap kata nampak kurang, walaupun sudah lumayan sih.. tapi kurang greget… hahaha… kidding, man!]

BAGUS
[1) “Aku tak sanggup untuk berbicara didepanmu, karena aku terlalu takut kehilanganmu” piye jal??? Gak pernah ngomong dong… mati wae… hahaha… 2) “Jika kau mau, temui aku dijembatan tempat biasa bertemu” jembatan endi?? Jembatan Code? Haha… kurang kata “jangan bawa polisi” itu… hahaha ]

HABIB
[Awalan yang malah membuat aku membayangkan tayangan sepak bola daripada surat cinta, “Salam olahraga”… Zzzttt…

JIMMY
[Ini juga aku agak ragu, bahasanya terlalu tinggi, aku sendiri gak yakin kamu yang bikin jim… Coba liat bagian “seputik melati menepi di pinggir cangkir, menyengatkan wangi di bibir” Dewa banget bahasanya… Udah setingkat setara dengan Chairil Anwar aja ini… Karena teori puisi dengan pengalihan indra sengat seperti wangi itu kontradiksi in terminis banget… mantab jayalah yang bikin ini…] Ini sumbernya gan....

NENTIS
[Ahahahaha…. Kaget gw baca judulnya… T_____T…. Shock.. Ahahaha… ]

REZA
[Your love, like a star in the night, shining star of my heart….. Ahahaha…. Good quote.. Gaya bahasa surat cinta anak IPA juga… mencoba membenturkan antara sains dengan guratan kata sifat, seperti “seismik emosi” ada yang masuk sense, tapi ada juga yang kurang masuk sense..]

UNI
[Penuh pengharapan, meaningful… “hanya tahu arti mencinta tanpa ku tahu apakah kau juga mencintaiku” good quote.. “aku memang tak bisa romantis yang mas sony inginkan untuk menulis surat ini,,” Menurut aku udah romantis kok... menggenggap erat harapan.. I mean..]

AAN
[Singkat… tapi kurang jelas.. monophrase-mu itu kurang greget.. malah nampak tak ada hubungannya sama sekali… Tapi.. lumayanlah…]

SURYA
[Sercercak itu gak ada mas…. Adanya secercah… ahahaha… Mister Surya Learning to Love]

RARAS
[“Kau lah yang kuharapkan menjadi semakin baik, dan kamu tetap untukku, Dan aku lah yang kuharapkan menjadi semakin baik, dan aku tetap untukmu” Good….]

RANGGA
[Romantis beud… Ini surat cinta yang sebenernya… ]

NICKOE
[Pake lagu jaman jadul gitu yaa, keren, mungkin bisa jadi penulis keren loh… lucu soalnya.. Plus narsis.. Lihat di frase, “Tiap aku menyisir rambut, tiap aku mengaca , tiap aku praktikum petrologi, tiap aku melihat batuan metamorf ternyata wajahku tampan,,” Gubraakk… “Saat melihat dirimu bersama para asisten praktikum petrologi itu aku terbakar api cemburu” >>> Iki opo iki????? Pasti bukan aku…. Mungkin asisten petrologi tahun lalu…. Ahahahahaha…. “Apapun jawabanmu aku terima, aku tunggu di lingkar teknik tepat tengah malam nanti” ckckck…. Gak ada tempat lain aja…

SANDI
[Perasaan garap bareng ini sama atas ane… “Ini adalah pengakuan terlarangku, sebenarnya aku udah lama ngerasa cucok ama kamu, ah eke jadi malu.” Malah jadi melambai begitu yaa? Ini bikin surat cinta ato bikin perjanjian di mucikari.. -,-.  Sandi: “Aku tunggu jawabanmu malam ini pukul 00.00, bila kamu menerima cintaku harap bawa batu metamorf gneiss-stone. Komentar :”Preeeeeeettt, mana mau jam 12 malem bawa batu?? Mending ke kuburan aja” Ahaha.,. satu lagi, kenapa gak pake lagunya Bagindaz aja sekalian…. ]

PRAM
[Ahahahaha… “Baiklah, langsung saja menuju pokok permasalahan. Sudah tiga hari ini aku tidak bisa tidur, dipikiranku hanya terbayang seorang gadis, entah mengapa hanya bayangan gadis itu yang ada di benakku.” Narasi sekali… tapi gak papa… apik kok… ]

ROMA
[Well, 44 kata saja sepertinya blum cukup untuk ini… kurang greget…]

PIPIT
[Kata-katanya kurang luwes.. masih keliatan kaku… btw, malah sampe ke pernikahan segala… bujug dah…]

VALDI
[Sama kayak atas ane gan… Padahal baca bagian attentionnya udah berharap bakal sama lucunya.. eh, malah jadi serius tapi kurang luwes, jadinya malah aneh.. hahaha… Oke.. ]

IDIN
[“Tapi, setelah sekian lama aku perhatikan, Kau sepertinya tidak punya pacar” fake abis… >.<]

MARTHA
[Perasaan surat cinta ato surat kuasa nih??? Udah singkat, pake identitas lagi.. haduh haduh…. Hahaha… unik…]

OLY
[Lumayan… walo puisi itu kurang mengandung energi, tapi minimal sudah baguslah… ]

MADHON
[Cakep suratnya… mantep isinya… endingnya penuh pengharapan… nice sekali…. Moga diterima yak!! NB: Padahal wes ono sing nduwe]
ARKA
[Awalannya gak enak banget… Iki tenanan ora??? Hebat…. Surat penolakan ki critane… unik… tapi keren… tur mesakke… Yang mau belajar nggebet cewek belajar sama kang Arka… :p Walopun di endingnya lo bilang fiktif, tapi buat yang mbaca kayak mikir ini sungguh beneran… pandai sekali kau bujang!]

VITO
[Awalannya gak pas, bentrok subjeknya… Tapi kemudian lumayan… Banyak missing words, jadi bacanya aneh… Sip Sip deh…]

DUDI
[Singkat… tapi KEREN.. surat cinta ala SMS…. Ala anak Jakarte… Repetisi di beberapa bagian malah menurutku bagus, tapi kurang syahdu aja sebagai surat cinta… ]

LIA
[Jaman gw udah ada SMS yaa… =.=, “hatiku berasa tercabik-cabik kalo liat kamu tiap hari main sama cecep” Hah?? Seorang Cecep bisa membuat sakit hati??? Hahahaha…. ]

UTI
[Lumayan….]

MAGON
[Well… biasa wae ig… sarkastik.. banyak kata-kata kotor… hahahaha…. ]

CECEP
[jejaring sosial??? Wahaha… curcol abis… tapi endingnya ngarep abis…. ]

ARTHA
[Apa yaa? Metafornya terlalu samara untuk dianalisis… Tapi lumayan.. ]

0 komentar:

 
Copyright © Petrology (MFS 2863)